Sabtu, 25 Agustus 2007

Pertanyaan Engku Keling

Selama seminggu berturut-turut menjelang pernikahan, si Ma’ruf seorang calon marapulai, sering ikut berjamaah sholat di surau dekat rumahnya.
Ketika hari pernikahannya tiba, si Ma’ruf ditanya oleh Engku Kaling yang akan menikahkan mereka.
“Apakah kamu suka sembahyang?”
“Ah!, masa Engku lupa. Yang suka ikut berjamaah dekat Engku itu kan saya, Engku?.
“Oh ya, Engku ingat. Kamu yang suka mendahului iman kan?”.
Yaah, itu kan minggu lalu. Mulai kemarin tidak lagi, kan?.”
“Adakah kamu bisa baca Qur’an?”
“Nah, itu lah masalahnya Engku, paman saya memang guru mengaji, tapi karena sejak kecil saya hidup di lingkungan pasar, saya jadi tidak ingat lagi huruf-hurufnya”.
“Kalau begitu pernikahan kalian ditangguhkan sampai kamu pandai baca Quran”.
Alamaa...!. Mana aku tahan...!”

Tidak ada komentar: